PENGERTIAN BERMAGAI
MACAM MANAJEMEN
1. Manajemen strategik
Pengertian Manajemen
Strategik menurut beberapa ahli yaitu :
·
Menurut Pearch dan Robinson
(1997) dikatakan bahwa manajemen strategik adalah kumpulan dan
tindakan yang menghasilkan perumusan (formulasi) dan pelaksanaan (implementasi)
rencana-rencana yang dirancang untuk mencapai sasaran-sasaran organisasi.
·
Menurut Nawawi adalah
perencanaan berskala besar (disebut perencanaan strategi) yang berorientasi
pada jangkauan masa depan yang jauh (disebut visi), dan ditetapkan sebagai
keputusan pimpinan tertinggi (keputusan yang bersifat mendasar dan prinsipil),
agar memungkinkan organisasi berinteraksi secara efektif (disebut misi), dalam
usaha menghasilkan sesuatu (perencanaan operaional untuk menghasilkan barang
dan atau jasa serta pelayanan) yang berkualitas, dengan diarahkan pada
optimalisasi pencapaian tujuan (disebut strategis) dan berbagai sasaran (tujuan
operasional) organsasi.
Dari pengertian-pengertian yang cukup luas tersebut menunjukkan
bahwamanajemen strategik merupakan suatu sistem yang sebagai satu
kesatuan memiliki berbagai komponen yang saling berhubungan dan saling
mempengaruhi dan bergerak secara serentak (bersama-sama) kearah yang sama pula.
2. Manajemen Proyek
Pengertian manajemen Proyek adalah kegiatan merencanakan,mengendalikan dan
mengawasi berbagai sumber daya yang terhimpun dalam suatu wadah(organisasi)yang
bersifat sementara.untuk melakukan kegiatan yang telah ditetapkan sebelumnya
agar mencapai sasaran
dan tujuan dalam jangka waktu yang telah ditentukan.
dan tujuan dalam jangka waktu yang telah ditentukan.
3. Manajemen Pemasaran
Manajemen Pemasaran adalah salah satu
kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan
kelangsungan perusahaannya, untuk berkembang, dan untuk mendapatkan laba.
Prosespemasaran itu dimulai jauh sejak sebelum
barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran
perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan
usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik
terhadap perusahaan (Dharmmesta & Handoko, 1982).
Secara definisi, Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan,
perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan
menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai
tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
4. Manajemen Keuangan
Manajemen Keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan,
penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan
dana yang dimiliki oleh organisasi
Atau perusahaan.
5. Manajemen Personalia
Manajemen personalia adalah : "Suatu ilmu seni untuk
melaksanakan antara lain planning, controlling, sehingga efektivitas dan
efesiensi personalia dapat di tingkatkan semaksimal mungkin dalam pencapaian
tujuan.
6. Manajemen Produksi
Menurut Reksohadiprodjo, dan Soedarmo (1999 : 2) manajemen
produksi adalah usaha pengelolaan secara optimal terhadap faktor-faktor
produksi (resources) yang terbatas adanya untuk mendapatkan hasil tertentu
dengan menggunakan prinsip-prinsip ekonomi yaitu dengan pengorbanan tertentu
untuk mendapatkan hasil yang sebanyak-banyaknya atau dengan tingkat hasil
tertentu diusahakan dengan pengorbanan yang sekccil-kccilnya.
Menurut Handoko (2000 :
3) manajemen produksi dan operasi merupakan usaha-usaha pengelolaan secara
optimal penggunaan sumber daya-sumber daya (atau sering disebut faktor-faktor
produksi) tenaga kerja, mesin-mesin, peralatan, bahan mentah dan sebagainya,
dalam proses transformasi bahan mentah dan tenaga kerja menjadi berbagai produk
dan jasa.
Menurut Assauri (1999 :
17) manajemen produksi dan operasi merupakan proses pencapaian dan
pengutilisasian sumber daya-sumber daya untuk memproduksi atau menghasilkan
barang-barang atau jasa-jasa yang berguna sebagai usaha untuk mencapai tujuan
dan sasaran organisasi.
Dari uraian di atas, dapat dinyatakan bahwa manajemen produksi
merupakan proses pencapaian dan pengutilisasian sumber daya yang ada guna
memproduksi atau menghasilkan barang atau jasa yang berguna untuk mencapai
tujuan dan sasaran organisasi.
7. Manajemen kelas
Ketrampilan mengelola kelas adalah ketrampilan guru untuk
menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan ketrampilan untuk
mengembalikan kondisibelajar yang optimal.
8. Manajemen Sumber Daya Alam
Manajemen sumber daya manusia, disingkat MSDM,
adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga
kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan
efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal)
bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal. MSDM didasari
pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia - bukan mesin - dan bukan semata menjadi sumber daya
bisnis.Kajian MSDM menggabungkan beberapa bidang ilmu seperti psikologi,sosiologi,
dll.
9. Manajemen Kurikulum
Manajemen kurikulum adalah segenap proses usaha
bersama untuk memperlancar pencapaian tujuan pembelajaran dengan di titik
beratkan pada usaha, meningkatkan kualitas interaksi belajar mengajar.
10. Manajemen Komunikasi
Manajemen komunikasi adalah proses timbal balik
(resiprokal) pertukaran sinyal untuk memberi informasi, membujuk atau memberi
perintah, berdasarkan makna yangsama dan dikondisikan oleh konteks hubungan
para para komunikator dan kontekssosialnya (Cutlip, 2007).
11. Manajemen Pengetahuan
Manajemen Pengetahuan adalah kumpulan
perangkat, teknik, dan strategi untuk mempertahankan, menganalisa,
mengorganisir, meningkatkan, dan membagikan pengertian dan pengalaman.
Pengertian dan pengalaman semacam itu terbangun atas pengetahuan, baik yang
terwujudkan dalam seorang individu atau yang melekat di dalam proses dan
aplikasi nyata suatu organisasi.
12. Manajemen Kualitas
Manajemen
Kualitas adalah strategi manajemen yang ditujukan untuk menanamkan kesadaran kualitas pada semua proses dalam organisasi. Sesuai dengan definisi dari ISO, TQM adalah "suatu pendekatan manajemen
untuk suatu organisasi yang terpusat pada kualitas, berdasarkan partisipasi
semua anggotanya dan bertujuan untuk kesuksesan jangka panjang melalui kepuasan
pelanggan serta memberi keuntungan untuk semua anggota dalam organisasi serta
masyarakat."
13. Manajemen Hubungan
Masyarakat
Manajemen Hubungan Masyarakat merupakan
fungsi manajemen yang diadakan untuk menilai dan menyimpulkan sikap-sikap
publik, menyesuaikan kebijakan dan prosedur instansi atau organisasi untuk mendapatkan
pengertian dan dukungan dari massyarakat. Manajemen Hubungan Masyarakat
berfungsi sebagai pencitraan sekolah atau lembaga pendidikan. Humas itu
sendiri.
14. Manajemen Organisasi
Manajemen organisasi adalah suatu perencanaan yang berhubungan
dengan bagaimana seseorang dapat mengolah atau mengurus suatu rangkaian
organisasi dari memilih anggota sampai penyelesaian masalah.
15. Manajemen Pendidikan
Manajemen Pendidikan adalah rangkaian segala kegiatan yang
menunjuk kepada usaha kerjasama dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan
pendidikan yang telah ditetapkan.
Dengan menerapkan definisi tersebut pada usaha
pendidikan yang terjadi dalam
sebuah organisasi, maka definisi selengkapnya adalah sebagai
berikut :
Manajemen Pendidikan adalah suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan
yang berupa proses pengelolaan usaha kerjasama sekelompok manusia yang tergabug
dalam organisasi pendidikan, untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah
ditetapkan sebelumnya, agar efektif dan efisien.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar