Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan-kegiatan pokok
yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan
perusahaannya, untuk berkembang, dan untuk mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sejak sebelum
barang-barang diproduksi,
dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan
harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan
terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan
Secara
definisi, Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan,
pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan
pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan
perusahaan
Perusahaan
yang sudah mulai mengenal bahwa pemasaran merupakan faktor penting untuk
mencapai sukses usahanya, akan mengetahui adanya cara dan falsafah baru yang
terlibat di dalamnya. Cara dan falsafah baru ini disebut "Konsep
Pemasaran"
Konsep pemasaran
Sebagai falsafah bisnis,
konsep pemasaran bertujuan memberikan
kepuasan terhadap keinginan dan berorientasi kepada kebutuhan konsumen. Hal ini
secara asasi berbeda dengan falsafah bisnis terdahulu yang
berorientasi pada produk, dan penjualan.
Secara definitif dapatlah dikatakan bahwa: Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen
merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan
Tiga unsur konsep pemasaran:
2.
Penyusunan kegiatan
pemasaran secara integral
3.
Kepuasan Konsumen
Pengertian
Manajemen
Istilah manajemen,
terjemahannya dalam bahasa Indonesia hingga saat ini belum ada
keseragaman.Selanjutnya, bila kita mempelajari literatur manajemen, maka akan ditemukan
bahwa istilahmanajemen mengandung tiga pengertian yaitu:Manajemen sebagai suatu
proses,1.Manajemen sebagai kolektivitas
orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen,2.Manajemen sebagai suatu seni
(Art) dan sebagai suatu ilmu pengetahuan (Science)Menurut pengertian
yang pertama, yakni manajemen sebagai suatu proses, berbeda-beda definisi
yangdiberikan oleh para ahli. Untuk memperlihatkan tata warna definisi
manajemen menurut pengertianyang pertama itu, dikemukakan tiga buah
definisi.Dalam Encylopedia of the Social Sience dikatakan bahwa manajemen
adalah suatu proses denganmana pelaksanaan suatu tujuan tertentu
diselenggarakan dan diawasi.Selanjutnya,
Hilman
mengatakan bahwa
manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melaluikegiatan orang lain dan
mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama.Menurut
pengertian yang kedua, manajemen adalah kolektivitas orang-orang yang melakukan
aktivitasmanajemen. Jadi dengan kata lain, segenap orang-orang yang melakukan
aktivitas manajemen dalamsuatu badan tertentu disebut manajemen.Menurut
pengertian yang ketiga, manajemen adalah seni (Art) atau suatu ilmu
pnegetahuan. Mengenaiinipun sesungguhnya belum ada keseragaman pendapat,
segolongan mengatakan bahwa manajemenadalah seni dan segolongan yang lain
mengatakan bahwa manajemen adalah ilmu. Sesungguhnyakedua pendapat itu sama
mengandung kebenarannya.<1>Menurut G.R. Terry manajemen adalah suatu proses
atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbinganatau pengarahan suatu kelompok
orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksudyang nyata.
Manajemen juiga adalah suatu ilmu pengetahuan maupun seni. Seni adalah
suatu pengetahuan bagaimana mencapai hasil yang diinginkan atau dalm kata
lain seni adalah kecakapanyang diperoleh dari pengalaman, pengamatan dan
pelajaran serta kemampuan untuk menggunakan pengetahuan manajemen.Menurut
Mary
Parker Follet
manajemen adalah suatu
seni untuk melaksanakan suatu pekerjaanmelalui orang lain. Definisi dari mary
ini mengandung perhatian pada kenyataan bahwa para manajer mencapai suatu
tujuan organisasi dengan cara mengatur orang-orang lain untuk melaksanakan apa
sajayang pelu dalam pekerjaan itu, bukan dengan cara melaksanakan pekerjaan itu
oleh dirinya sendiri.Itulah manajemen, tetapi menurut Stoner bukan hanya
itu saja. Masih banyak lagi sehingga tak ada satudefinisi saja yang dapat diterima
secara universal. Menurut James A.F.Stoner, manajemen adalah suatu proses
perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya anggota
organisasi danmenggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan
yang telah ditetapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar