Jumat, 05 Juli 2013

Manajemen secara umum

Manajemen secara umum

I.Pengertian Manajemen
Manajemen berasal dari kata "to manage" yang berarti mengatur, mengurus atau mengelola. Banyak definisi yang telah diberikan oleh para ahli terhadap istilah manajemen ini. Namun dari sekian banyak definisi tersebut ada satu yang kiranya dapat dijadikan pegangan dalam memahami manajemen tersebut, yaitu : Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakandan pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menetukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.


II.Klasifikasi dari pengertian Manajemen
Dalam menggantikan dan mengklasifikasikan manajemen ada berbagai ragam yang mengartikanya dengan ketatalaksanaan.Bila dilihat dari literatur-literaturnya yang ada,pengertian manajemen dibagi menjadi 3 pengertian:

1. Manajemen sebagai suatu proses
Merupakan suatu proses dimana untuk mencapai suatu tujuan tertentu dilaksanakan dan diawasi
2. Manajemen sebagai suatu kolektifitas manusia
Merupakan suatu kumpulan dari orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama,kolektifitas atau kumpulan orang inilah yang disebut dengan manajemen,sedangkan orang yang bertanggung jawab atas terlaksananya suatu tujuan atau berjalanya aktivitas manajemen disebut manajer.
3. Manajemen sebagai suatu seni
Merupakan bagaimana aktivitas manajemen dihubungkan dengan prinsip-prinsip manajemen,seperti apa yang dituliskan oleh Chaster I Benard dalam bukunya yang berjudul”The Function of the Executive”

III. Management menurut sifatnya
Manajemen sebagai ilmu pengatahuan (management as a science) adalah bersifat interdisipliner yang mana mempergunakan bantuan dari ilmu-ilmu sosial, filsafat dan matematika
Manajemen sebagai suatu sistem (management as a system) adalah kerangka kerja yang terdiri dari beberapa komponen/bagian, secara keseluruhan saling berkaitan dan diorganisir sedemikian rupa dalam rangka mencapai tujuan organisasi
Manajemen sebagai suatu fungsi (management as a function) adalah suatu rangkaian kegiatan yang masing-masing kegiatan dapat dilaksanakan tanpa menunggu selesainya kegiatan lain, walaupun kegiatan tersebut saling berkaitan dalam rangka untuk mencapai tujuan organisasi
Manajemen sebagai suatu proses (management as a process) adalah serangkaian tahap kegiatan yang diarahkan pada pencapaian suatu tujuan dengan pemanfaatan semaksimal mungkin sumber-sumber yang tersedia
Manajemen sebagai suatu profesi (management as a profession) adalah suatu bidang kegiatan atau bidang keahlian tertentu, antara lain profesi di bidang kedokteran, bidang teknik dan bidang hukum
Manajemen sebagai kumpulan orang (management as people / group of people) adalah suatu istilah yang dipakai dalam arti kolektif untuk menunjukkan jabatan kepemimpinan di dalam organisasi antara lain kelompok pimpinan atas, kelompok pimpinan tengah dan kelompok pimpinan bawah

IV.Klasifikasi Manajemen menurut fungsi
a) Men : Tenaga kerja dalam perilaku manajemen
b) Money : Modal untuk mendirikan suatu usaha
c) Material : Bahan baku yang diperlukan agar tujuan bersama terwujud
d) Metdhod : Cara yg dilakukan dalam perilaku manajemen
e) Machiness : Alat-Alat yang dimiliki dalam manajemen
f) Market : Pasar-pasar untuk membangun suatu usaha

V. Tiga hal penting dalam Manajemen
Adapun tiga hal penting mengapa manajemen diperlukan,sebagai berikut:
1. Tujuan yang hendak dicapai
2. Mengembangkan antar tujuan yang berbeda dan saling bertentangan,seperti kepentingan organisasi,serikat kerja dan masayarakat
3. Mencapai efisiensi & efektifitas dalam mencapai tujuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar